Rabu, 08 Juni 2011

Objek Wisata Lampung Timur

Resor Way Kanan

resort way kananWay Kanan adalah termasuk dalam wilayah Taman Nasional Way Kambas dengan lokasi 13 km dari Pintu Gerbang (Plang Ijo). Di sepanjang jalan itu pengunjung yang beruntung akan dapat melihat satwa liar yang berkeliaran atau melintas di jalan.

Way Kanan adalah surga bagi pencinta alam dikarenakan flora dan faunanya.

Kawasan ini juga merupakan lokasi Sumateran Rhino Sanctuary yaitu Proyek Penelitian Pembangunan Populasi Badak Sumatera di habitat aslinya serata penelitian Populasi Harimau Sumatera.

Kegiata yang dapat dilakukan adalah Trekking di hutan Rimba atau berperahu motor kehulu atau hilir sungai untuk mengamati Flora dan Fauna denagn dipandu petugas.


Taman Nasional Way Kambas

way kambasWay Kambas merupakan Suaka alam dataran rendah dengan luas - 1300 km , dapat dicapai 2 jam berkendaraan dari kota Bandar Lampung melintasi daerah perkebunan Bergen dan Situs Purbakala Pugung Raharjo, perkebunan lada serta perkampungan asli Lampung.

Pusat latihan Gajah terletak di Desa Karangsari atau 8 Km dari Plang Ijo, yaitu Pintu Gerbang T.N. Way Kambas dengan jalan aspal yang juga merupakan batas wilayah taman Nasional dengan perladangan Penduduk desa.

Arena peryunjukan gajah menampilkan pertunjukan menarik seperti gajah berjoget, berdiri di tonggak, melangkahi orang dll.

Kegiatan yang dapat dilakukan diantaranya safari gajah, foto hunting, naik kereta gajah dll. Fasilitas yang tersedia yaitu : Musholla, Parkir, Persanggraha, arena atraksi, kios cenderamata dll.


Rata PenuhPerkampungan Asli Desa Wana
desa wanaDesa Wana merupakan salah satu dari tujuh Desa inti kediaman dari masyarakat Lampung Melinting. Arsitektur tradisional berupa rumah panggung khas masyarakat Lampung Melinting masih cukup banyak terlihat di desa ini.

Tarian yang cukup populer sejak lama yang berasal dari daerah ini yaitu Tari Melinting yang biasanya di pertunjukan saat menerima kunjungan tamu atau Wisatawan.

Suasana dan nuansa kehidupan khas masih sangat terasa, berikut acara-acara tradisi yang masih dilaksanakan masyarakat setempat, seperti upacara perkawinan, pertemuan adat dan lain-lain.

Desa Wana terletak 7 km dari jalur Bandar Lampung – Way Kambas masuk dari simpang Desa Sribhawono, kurang lebih 67 km dari kota Bandar Lampung.


Persinggahan wisata Way Curup

Terletak pada jalur Wisata Bandar Lampung – Way Jepara - Way Kambas – 10 km dari Kecamatan Way Jepara. Sesuai letak dan jjaraknya dari Bandar Lampung. Lokasi persinggahan ini biasanya merupakan tempat singgah pada pertengahan perjalanan ke Way Kambas yang memakan waktu –2 jam dari Kota Bandar Lampung.

Kawasan Agro Wisata

agro wisataProvinsi Lampung telah lama dikenal sebagai daerah asal berbagai hasil pertanian diantaranya lada, kopi, cengkeh, kakao dll. Tempat ini sekaligus dapat menjadiakn sarana rekreasi.

Tempat-tempat yang dapat dikunjungi untuk tujuan tersebut antara lain : Perkebunan karet dan Sawit PTP VII di Bergen Lampung Selatan, Perkebunan dan pengalengan nanas di Terbagi Besar Lampung Tengah, Perkebunan lada rakyat sekitar jalan raya Bandar Lampung – Way Kambas Desa Mataram Baru dan Pugung Raharjo.




Taman Purbakala Pugung Raharjo

pugung raharjoTaman Pubakala Pugung Raharjo ini mempunyai luas –30 ha yang menyimpan peninggalan sejarah diberbagai zaman.

Peninggalan dari zaman sejarah berupa benda-benda peninggalan Hindu-Budha (klasik tengah) seperti Arca, Prasasti, Keramik lokal maupun Asing (Dinasti Han, Yuan, Sung dan Ming), sebuah Arca type Polynesia tersimpan pada site museum yang di bangun disekitar komplek situs.

Sebuah benteng parit Primitif sepanjang 1,2 km mengelilingi situs Purbakala ini diduga dahulunya berisi air yang berasal dari sumber air disisi timur situs, yang konon menurut cerita air tersebut bila di pakai mandi dapat membuat awet muda. Obyek Wisata ini terletak di Kabupaten Lampung Timur dengan jarak tempuh sekitar 40 km dari Kota Bandar Lampung.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar