Rabu, 08 Juni 2011

Objek Wisata Tanggamus

Pantai Kota Agung

lota agungKota Agung merupakan Ibukota Kabupaten Tanggamus, Kota ini merupakan Kota lama terletak di kaki Gunung Tanggamus dan di tepi utara Teluk Semangka. Sebuah Pelabuhan laut lokal menghubungkan Kota Agung dengan Desa-desa sekitar Teluk Semangka seperti Tampang, Kaur Gading, Tirem dll. Beberapa fasilitas / sarana dan prasarana cukup tersedia seperti hotel, telekomunikasi, rmah makan dan angkutan baik darat maupun laut. Sebuah Pulau'. Kera ‘ Tabuan melatar belakangi pandangan lepas ke arah teluk semangka.


Makam Kuno Pangeran Jiwa Kesuma

makam pageran jiwa kesumaSitus Sejarah/ Makam Pengeran Jiwa Kesuma/ Tujuh Kurungan. Terletak di Kecamatan Wonosobo Kurang lebih 7 Km dari Kota Agung. Makam ini merupakan makam keluarga Pengeran Jiwa Kesuma yang hidup pada masa peralihan Hindu- Iislam. Ciri makam masih menonjolkan ornamen/ ragam hias Hindu. Terdapat pula makam “ Ikhawan” ( Makam bujang dan gadis sebagai Korban Persembahan dalam kepercayaan Hindu Pada masa itu ).





Gisting & Kawasan Batu Keramat

Kawasan dataran tinggi Gisting dan Batu Keramat menyimpan potensi keindahan dimana dari ketinggian tempat kawasan ini dapat dinikmati udara sejuk pegunungan dengan pemandangan kesibukan Teluk Semangka yang dihiasi Kapal-kapal tanker raksasa dan kapal nelayan serta pelabuhan laut Kota Agung. Terletak hanya 4 Km dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Tanggamus .


Bendungan Batu Tegi

bendungan batutegiBendungan atau dam ini terletak di kawasan pegunungan di kaki Gunung Tanggamus dan dataran tinggi serta hamparan luas perkebunan kopi rakyat. Akses menuju tempat ini melalui kota Talang Padang kurang lebih 30 km kearah utara. Atraksi wisata yang dapat dinikmati berperahu, memancing dan menikmati keindahan alam pegunungan yang beriklim cukup sejuk.






Air Terjun Way Lalaan

way lalaanAir Terjun Way Lalaan merupakan air terjun bertingkat dengan jarak satu sama lainnya - 200 M, berasal dari aliran Way (s ungai) Lalaan yang bermuara ke Teluk semangka . Obyek wisata air terjun Way Lalaan terletak di lembah kaki Gunung Tanggamus dengan jarak hanya 2 Km dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Tanggamus atau 80 Km dari Kota Bandar Lampung. Air terjun ini telah di kenal sejak Tahun 1937 yaitu zaman pemerintahan kolonia Belanda yang telah membuat tangga semen menuju lembah air tejun. Fasilitas yang tersedia yaitu shelter, kamar ganti pakaian dan pelataran Parkir.


Pantai Terbaya

pantai terbayaPantai terbaya tidak jauh dari lokasi air terjun Way Lalaan, - 2 Km sebelum memasuki Kota Agung, terdapat tempat rekreasi pantai disisi utara Teluk Semangka, pemandangan alam dan Teluk serta Pasir pantai ynag bersih merupakan daya tarik pantai ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar