Rabu, 08 Juni 2011

Objek Wisata Lampung Utara

Bendungan Tirta Shinta

Bendungan Tirta ShintaTerletak di Desa Wonomarto Kecamatan Kotabumi dengan jarak tempuh – 10 Km dari Kotabumi, atau 111 Km dari Bandar Lampung.








Perkampungan Asli

Tersebar di desa/kampung tua dengan arsitektur yang khas. Lokasi : Mulang Maya ( Lampung Abung ), Negeri Jungkarang ( Lampung Sungkai ) dll.


Bendungan wat Tebabeng

Terletak di Desa Jagang Kecamatan Abung Selatan dengan jarak tempuh 18 Km dari Kotabumi, atau 96 Km dari Bandar Lampung.

Disamping sebagian Obyek Wisata , Bendungan digunakan sebagai irigasi untuk mengairi sawah seluas – 4.000 ha, disekitar Desa Jagang.


Wisata Tirta Bendungan Way Rarem

Terletak di desa Pekurun Kecamatan Abung Barat atau 36 Km dari Kotabumi, atau 113 Km dari Kota Bandar Lampung. Obyek Wisata Way Rarem Memiliki luas 49,2 Ha, tinggi bendungan –59 m dan kedalaman air 32m, luas genangan 1200 ha.

Disamping untuk Obyek Wisata. Bendungan Way Rarem juga berfungsi sebagai irigasi yang dapat mengairi seluas – 22.000 ha, untuk Kecamatan Abung Timur, Tulang Bawang Tengah, Tulang Bawang Udik dan Kotabumi. Terdapat beberapa spesies ikan hias air tawar khas seperti ikan Sumatera dll. Lingkungan alam dan suasana perkampungan merupakan ciri khas lokasi ini.


Pesona Kotabumi

kotabumiKotabumi merupakan Ibukota Kabupaten Lampung Utara yang terletak pada jalur Trans Sumatera, yang menghubungkan Bandar Lampung dengan kota-kota lainnya di Sumatera.
Fasilitas wisata dan kota cukup tersedia mulai dari Hotel, Rumah Makan, Telekomunikasi dan angkutan antar kota / Provinsi. Kotabumi termasuk salah satu kota besar di Lampung dimana pada isi kotanya masih dapat kita jumpai rumah-rumah khas daerah setempat berikut kehidupan khasnya.

Kotabumi sebagai daerah lintasan / persinggahan cukup setrategis terutama mereka yang akan meneruskan perjalanan dari Pulau Jawa ke Sumatera, atau obyek-obyek wisata yang ada di bagian Utara dan Barat Provinsi Lampung. Arsitektur dan kehidupan khas pada beberapa desa masih jelas terlihat seperti di Desa Mulang Maya dan beberapa Desa lain di Kecamatan Abung Barat dan Timur. Potensi alam lainnya adalah air terjun (kelawas) berlokasi di Kec.Ogan Lima .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar